Biografi dan Profil Musisi Iwan Fals

Iwan Fals, musisi legendaris yang bernama lengkap Virgiawan Listanto lahir pada tanggal 3 September 1961 di Jakarta. Ia merupakan seorang penyanyi beraliran balada yang menjadi salah satu legenda hidup di Indonesia. Lirik lagu – lagunya terinspirasi oleh suasana kehidupan sosial Indonesia di akhir tahun 1970-an hingga sekarang.

Biografi dan Profil Musisi Iwan Fals
Iwan Fals mulai mengetahui bakat musiknya sewaktu sekolah di SMP 5 Bandung. Suatu ketika, seorang gurunya menanyakan apakah ada yang bisa memainkan gitar untuk mengisi pemain gitar di vocal grup sekolah.

Iwan muda menawarkan diri untuk mengisi posisi tersebut. Hal itu dilakukannya karena gengsi dengan seorang anak perempuan yang jago memainkan gitar. Ia pun mengasah kemampuan bergitarnya dengan cara mengamen. Setelah dapat juara di festival musik country, Iwan Fals mengikuti festival lagu humor yang diselengarakan oleh LHI (Lembaga Humor Indonesia) dan keluar sebagai pemenangnya. Sesuai dengan janjinya, LHI bersama ABC records akan membuatkan album tersendiri bagi pemenang lomba musik humor. Pada tahun 1979 dirilislah sebuah album dengan judul “Canda dalam Nada”. Angka penjualan album ini sangat memprihatinkan, karena pada saat itu album ini dianggap setara dengan album-album rendahan seperti album lagu dangdut.

Pada tahun 1981, Iwan Fals meneken kontrak dengan musica dan merilis album berjudul “Sarjana Muda”. Album tersebut benar-benar dikerjakan secara serius. Hal itu dapat diketahui dari musisi pendukungnya, semua bukan orang sembarangan. Music director-nya adalah Willy Soemantri, yang dibantu oleh Luluk Purwanto, Amir Katamsi dan yang hebat lagi Idris Sardi menjadi bintang tamu mengisi suara biola pada lagu ‘Guru Oemar Bakrie’. Album ini dapat di bilang sebagai awal karir Iwan Fals di dunia musik profesional Indonesia.

Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat ditahan dan diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu ‘Demokrasi Nasi’ dan ‘Pola Sederhana juga Mbak Tini’ pada sebuah konser di Pekanbaru. Setelah kejadian tersebut, teror sering mengancam Iwan Fals dan keluarganya. Hanya segelintir fans fanatiknya yang masih menyimpan rekaman lagu-lagu tersebut sehingga menjadi koleksi yang sangat berharga saat ini.

Pada tahun 2002 Iwan mulai aktif lagi membuat album setelah sekian lama menyendiri dengan munculnya album Suara Hati yang di dalamnya terdapat lagu ‘Hadapi Saja’ yang bercerita tentang kematian anaknya Galang Rambu Anarki pada tahun 1997. Pada lagu ini istrinya (Yos) juga menyanyi. Sejak kematian anaknya tersebut, warna dan gaya bermusik Iwan Fals terasa berbeda. Lirik-lirik lagunya terkesan lebih dewasa dan puitis. Iwan Fals juga lebih banyak menyanyikan lagu-lagu bernuansa cinta baik hasil karangannya maupun karya orang lain.

Related Post "Biografi dan Profil Musisi Iwan Fals"

Mengusir Stres dengan Berkaraoke
Siapapun kita, tidak menutup kemungkinan terkena wabah
Memilih Amplifier yang Tepat dan Berkualitas
Banyak jenis Amplifier yang beredar dipasaran, tentunya
Amplifier DX-288 G3, Pilihan Bijak untuk Koneksi Internet
Better Music Builder semakin memantapkan posisinya sebagai
Inovasi Baru Browsing Internet dengan VOD-600 Hard Disk Drive Video Player
Kemajuan teknologi membuat kita semakin pintar memanfaatkan

Leave a reply "Biografi dan Profil Musisi Iwan Fals"

[+] kaskus emoticons