Cara Memilih Speaker Multimedia

Memilih speaker memang bukan masalah sulit, tapi menentukan speaker untuk fungsi yang tepat butuh pengetahuan khusus. Mau tahu cara memilih speaker multimedia? Berikut kutipannya:

Untuk memilih speaker dengan tepat, kita harus menentukan peran pengoperasian speaker tersebut, untuk movie, gaming atau musik.

  • Speaker untuk musik sebaiknya kita pilih speaker tanpa subwoofer tapi memiliki 2 kanal untuk mendapatkan detail musik dan kualitas dengar. Bila memungkinkan kita bisa menggunakan 3 way speaker supaya jalur spectrum suara semua tereproduksi maksimal. Namun jika tidak memungkinkan cukup menggunakan 2 way speaker karena speaker 3 way harganya masih mahal.
  • Speaker untuk gaming atau movie direkomendasikan minimal menggunakan 2.1 channel speaker, tapi akan lebih bagus jika menggunakan 5.1 channel speaker.

Box speaker atau enclosure ikut berpengaruh pada kualitas suara terutama pada nada rendahnya. Solusinya kita bisa memilih enclosure dengan material kayu (laminated wood, MDF, HDF). Karena kayu memiliki efek redam resonansi lebih baik dibandingkan material plastik. Jika terpaksa menggunakan box speaker dari plastik, kita bisa memaksimalkan performance-nya dengan menggunakan peredam suara(rockwool atau glasswool) ke dalam enclosure. Untuk jenis enclosure sendiri kita bisa memilih jenis Sealed, Ported serta Bandpass Type.

Cara memilih speaker multimedia

Warna suara yang bagus ikut ditentukan oleh kualitas konus. Biasanya speaker multimedia yang beredar dipasaran hanya menggunakan konus jenis Presser Paper dan IMPP, sebenarnya terdapat banyak sekali jenis konus sehingga mampu menghasilkan warna suara yang beragam.

Kita tidak boleh terprovokasi oleh besarnya watt speaker yang menjanjikan suara yang pasti bagus. Mungkin jika dilihat dari tingkat kekerasan suara, speaker watt besar mampu menghasilkan suara yang keras, namun sejatinya hal tersebut tetap tergantung dari sensitifitas speaker itu sendiri.

Kualitas suara maksimal bisa kita dapatkan bila speaker dihindarkan dari buit-in amplifier. Karena amplifier mampu menghasilkan hum, wow dan flutter lebih besar dibandingkan separately amp. Hal ini terjadi terutama pada speaker yang menggunakan enclosure kayu yang umumnya sulit meredam interference.

Yang terakhir, hindari membeli jenis speaker yang menggunakan control volume yang memakai kabel panjang. Biar bagaimanapun, kabel merupakan sumber noise yang berhubungan dengan control signal suara kecuali Wireless controller. Disini XLR lebih baik dari RCA, artinya kualitas suara yang dihasilkan balance connector jauh lebih bagus dari suara yang dihasilkan unbalance connector.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Cara Memilih Speaker Multimedia"

Cara Memperbaiki Microphone Kabel
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis
Tips Menyambung Kabel Menggunakan Solder
“Menyambung kabel menggunakan solder”. Kalimat ini sepintas
Penyebab kerusakan Speaker dan Cara Mengatasinya
Jika kita akrab dengan dunia sound system,
Mendesain Ruang Karaoke Kedap suara
Memiliki ruangan pribadi seperti ruang keluarga dengan

Leave a reply "Cara Memilih Speaker Multimedia"

[+] kaskus emoticons