Fungsi Audio Video Selector

Audio Video Selector atau biasa disebut AV Selector atau AV Switching merupakan media Switching pada sistem audio video. Media ini memiliki tugas menggabungkan beberapa fungsi device misalnya VCD atau DVD Player supaya bisa tampil pada satu media penampil seperti TV atau LCD. Cara ini cenderung lebih praktis karena kita perlu colok / cabut, open / close beberapa perangkat DVD Player atau perangkat pemutar lainnya.

Mungkin untuk lebih jelasnya, bisa digambarkan seperti berikut :

Misalnya kita memiliki 3 buah media player, maka paling tidak kita harus memiliki 3 buah monitor untuk melihat tayangan dari media player tersebut. Dengan menggunakan Audio Video Selector memang kita tidak bisa melihat tayangan dari 3 media player sekaligus. Tapi efek praktisnya, kita bisa memilih salah satu diantaranya untuk ditampilkan tanpa harus me-nonaktif-kan 2 media player lainnya dari layar monitor. Perlu diketahui, perangkat Audio Video Selector ini tidak hanya berfungsi pada DVD Player saja, tapi semua media player yang berhubungan dengan sistem audio video.

Contoh Cara Pengoperasian Audio Video Selector 4 in 1 :

  • Lihat konektor RCA dipanel belakang DVD Player. Disini kita hanya perlu fokus pada 3 konektor yaitu video + audio L + audio R.
  • Lihat konektor RCA dipanel belakang AV Selector. Disana terdapat beberapa tulisan yang dibuat group seperti input 1 + input 2 + input 3 + input 4 dan output. Sama halnya dengan konektor RCA pada DVD Player, pada AV Selector kita hanya perlu fokus pada masing-masing group yang terdiri dari video + audio L + audio R.
  • Selanjutnya kita siapkan kabel RCA . Kabel ini berwarna merah, putih dan kuning, biasanya sudah ada pada paket perangkat DVD Player waktu pembelian.
  • Setelah itu kita colokkan kabel RCA secara berurutan. Output DVD A > input 1 AV Selector, output DVD B > input 2 AV Selector, output DVD C > input 3 AV Selector.
  • Output dari AV Selector bisa langsung dihubungkan dengan monitor / televisi.
  • Langkah terakhir, kita bisa memilih DVD player mana yang akan kita tampilkan lebih dulu.

Semoga artikel tentang fungsi audio video selector bermanfaat untuk anda, selamat mencoba…salam Dunia Karaoke

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Fungsi Audio Video Selector"

Cara Memperbaiki Microphone Kabel
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis
Tips Menyambung Kabel Menggunakan Solder
“Menyambung kabel menggunakan solder”. Kalimat ini sepintas
Cara Memilih Speaker Multimedia
Memilih speaker memang bukan masalah sulit, tapi
Penyebab kerusakan Speaker dan Cara Mengatasinya
Jika kita akrab dengan dunia sound system,

Leave a reply "Fungsi Audio Video Selector"

[+] kaskus emoticons