Instalasi Audio Yang Membawa Petaka

Instalasi Audio Yang Membawa Petaka. Kemarin setelah bikin postingan buat Lowongan Pekerjaan di Grand Manhattan Club saya jalan ke daerah Cikarang tepatnya di Pesona Cikarang Karaoke, udah mau menjelang pagi emang lagi ada kerjaan lumayan banyak disana, salah satunya di sebuah ruangan yang kabelnya berantakan.

Awalnya mau rapihin kabel speaker dari power amplifier yang ditaruh diatas lemari agar kabel speakernya dapat diarahkan langsung kebawah lemarinya karena sebelumnya kabelnya lewat melalui samping lemari yang tentu engga enak dipandang mata.

Saya naik keatas lemari untuk membuat sebuah lubang dengan memakai bor listrik dan ingin membuat lubangnya pas di belakang power amplifiernya dengan tujuan kabel yang akan menuju ke bawah lemari tidak kelihatan.

Nah, karena posisinya yang tidak memungkinkan untuk mengebor ( karena badan saya yang besar…wek) maka itu saya menduduki power amplifier tersebut untuk ancang – ancang melakukan pengeboran ( kalau yang di duduki cewe – cewe ladies escort sih enak sambil melakukan pengeboran….he…he…he…he…;)

Siap – siap menghidupkan saklar listrik yang ada disamping kanan saya, yang juga saklar listrik ini berfungsi untuk menghidupkan semua perangkat audio di dalam ruangan ini, saya hanya nebeng buat ngidupin bor listriknya doang.

Dengan “bokong” saya yang menempel dan menduduki power amplifier yang kekar dan terbuat dari plat besi ( jadi dingin neeh pantat….) bor pun saya nyalakan dan mengarahkan mata bor kebawah terdengar bunyinya cring….cring…..mata bor mulai melubangi kayu tebal lemari tersebut.

Selang beberapa detik terdengar ledakan persis dibawah bokong saya, getarannya terasa bener dari power amplifier tersebut merambat dari bokong saya sampai ke kepala, percikan api seperti kembang api tahun baru pas dibawah bokong saya, asap mengepul banyak, kaki saya gemetaran tapi engga sampai kencing dicelana…wek.

Mungkin waktu itu kalau ada yang rekam saya via video bisa seperti bikin film dengan cerita “ Manusia Bom” he…he…he….ya anggap aja power amplifier yang saya duduki ada bomnya.

Untung saya selamat dan perangkat audionya tidak ada yang masalah kecuali power amplifier ini…liat saja di gambar PCB boardnya sampe sundel bolong. Semua salah saya karena waktu itu saya tidak meng Off kan semua perangkat audio dan seharusnya hanya bor listrik itu saja yang hidup.

Instalasi Audio Yang Membawa Petaka

Yang bikin saya bingung dan jadi pertanyaan saya mengenai kejadian tersebut :

  1. Apakah sewaktu bor listrik itu dinyalakan terjadi penurunan tegangan( volt ) sehingga daya yang diterima power amplifier tersebut bermasalah dan meledak?
  2. Apakah mungkin tegangan listrik bisa sampai rendah dibawah 100 Volt hanya karena bor listrik karena di power amplifier sendiri toleransinya 110 – 240 Volt ?
  3. Apakah emang bermasalah kalau waktu itu dua – duanya hidup antara Perangkat Audio ( yang tidak dibunyikan ) dan Bor listrik dalam keadaan On semua dalam satu jalur / aliran listrik yang sama pula ?

Wah, ini saya musti tanya sama pakarnya neeh…Teman – teman yang ngerti masalah ini ( apalagi yang ngerti teknik ) tolong kasih masukan ya…….

Semoga post Instalasi Audio Yang Membawa Petaka bermanfaat…

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Instalasi Audio Yang Membawa Petaka"

Cara Memperbaiki Microphone Kabel
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis
Tips Menyambung Kabel Menggunakan Solder
“Menyambung kabel menggunakan solder”. Kalimat ini sepintas
Cara Memilih Speaker Multimedia
Memilih speaker memang bukan masalah sulit, tapi
Penyebab kerusakan Speaker dan Cara Mengatasinya
Jika kita akrab dengan dunia sound system,
  1. author

    sy4msul8 years agoReply

    kang tu power ampli merknya apa kang dan msh bisa di benerin ngk kang

  2. author

    sy4msul8 years agoReply

    kang lha ini ampli siapa yang mengganti klu kang dedi apa ngk rugi kang

  3. author

    sy4msul8 years agoReply

    kang mungkin bokong kang dedi terlalu gede jadi tu ampli jadi meledak

  4. author

    sy4msul8 years agoReply

    lah ini yang gua maksud postingan kejadian yang bisa menjadi pengalaman yg jangan sampai terulang lagi

  5. author

    dedhony9 years agoReply

    bener gak sih om kok gak ada tanggapan:ngamuk:

  6. author

    dedhony9 years agoReply

    oehmm klo nurun tegangan sih gak bahaya yang bahaya tuh klo tegangan naik nah ntu bisa tuh…bahaya….:ngupil:

  7. author

    2ram9 years agoReply

    tanda2 klo hrs ngurusin badan kang…

  8. author

    joe9 years agoReply

    :ngakak::ngakak::ngakak::ngakak: bisa dibuat film soundman meledak diatas alatnya sendiri alias senjata makan tuan…..:ngakak::ngakak:
    :ngakak::ngakak::ngakak::ngakak:

  9. author

    joe9 years agoReply

    pertanyaan pertama kayaknya gak mungkin penurunan tegangan mengakibatkan ampli meledak…. biasanya kalau tenangan melebihi toleransi ampli itu baru bisa meledak….:mikir::mikir::mikir:

    bisa aja instalasi listrik berada dalam satu jalur…. tapi yang pastinya instalasi listriknya tidak beres alias acak adul…..:marah::marah::marah:

  10. author

    2ram9 years agoReply

    lagu drive yg bersama bintang koq g ada kang??

Leave a reply "Instalasi Audio Yang Membawa Petaka"

[+] kaskus emoticons