3 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak dengan Lagu-Lagu Karaoke

Dalam masa pertumbuhan, anak cenderung memiliki kemampuan belajar yang tinggi. Seorang anak bisa mempelajari bahasa dengan hanya menonton televisi atau mendengarkan percakapan orang dewasa. Hebatnya lagi, anak-anak dapat dengan mudah mencerna dan mempelajari bahasa Inggris melalui lagu-lagu karaoke. Hal ini tidak mengherankan karena pada usia anak-anak, otak akan bekerja lebih keras yang kemudian memicu proses pembelajaran.

karaoke bahasa Inggris

Sama halnya dengan orang dewasa, kebanyakan anak-anak juga menyukai jenis hiburan karaoke. Uniknya pada saat menyanyikan lagu, anak-anak seakan ikut hanyut dalam alunan musik. Mereka biasanya mengikuti kata-kata pada lirik lagu sambil menikmati gambar-gambar yang tampil di layar. Biasanya anak-anak lebih menyukai lagu alfabet atau ABC song dengan lirik bahasa Inggris.

Bagaimana mengajarkan bahasa Inggris pada anak melalui lagu karaoke ?

  1. Sewaktu anak menirukan lagu karaoke bahasa Inggris, berilah pengarahan untuk menggunakan aksen dengan intonasi bahasa Inggris secara benar. Aktivitas seperti ini jika dilakukan terus menerus akan membantu proses pembelajaran, dimana efeknya anak-anak akan semakin fasih berbahasa Inggris dimasa yang akan datang.
  2. Biarkan anak-anak bermain kata-kata dalam bahasa Inggris meskipun acak-acakan. Kebiasaan seperti ini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri pada anak untuk memvisualisasikan kemampuannya secara verbal. Hal ini suatu saat akan menghilangkan rasa kurang nyaman ketika berbicara bahasa Inggris karena telah terbiasa menggunakannya.
  3. Saat anak sudah terbiasa menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris, aktivitas tersebut merupakan bentuk latihan. Oleh karena itu anak harus dilatih berkonsentrasi pada waktu bernyanyi atau berkaraoke. Hal ini akan memicu kemampuan anak dalam mendengar dan mencermati lagu dalam bahasa Inggris secara tepat, sehingga setiap kosakata dalam tata bahasa Inggris bisa dipahami dengan benar.

Dari ketiga cara tersebut dapat disimpulkan bahwa karaoke bahasa Inggris bisa memberikan hiburan pada anak sekaligus mengajarkan bahasa Inggris sejak dini. Dengan melatih anak bernyanyi dalam bahasa Inggris secara rutin , otomatis kelak akan mempermudah anak menyerap pelajaran bahasa Inggris ketika memasuki usia sekolah.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "3 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak dengan Lagu-Lagu Karaoke"

Jalan-jalan ke Tempat Karaoke di Bandung
Bisnis hiburan karaoke di Bandung sepertinya mendapat
Langkah-langkah Mendirikan Tempat Karaoke
Mudahnya perizinan untuk mendirikan usaha karaoke membuat
Bedah Tuntas Player Karaoke
Terciptanya player karaoke tentu mendatangkan angin segar
Menciptakan Tempat Karaoke yang Unik
Pengaruh budaya modern diberbagai Negara secara tak

Leave a reply "3 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak dengan Lagu-Lagu Karaoke"

[+] kaskus emoticons