Langkah-langkah Mendirikan Tempat Karaoke

Mudahnya perizinan untuk mendirikan usaha karaoke membuat hiburan musik tersebut begitu gampang ditemui. Disudut-sudut kota, dipusat perbelanjaan atau tempat layanan publik lainnya, banyak beroperasi tempat-tempat karaoke. Mendirikan tempat karaoke selain butuh modal yang cukup tentu harus melalui beberapa ketentuan terkait masalah perizinan dengan pemerinta daerah setempat.

Langkah-langkah-Mendirikan-Tempat-Karaoke

Persyaratan umum

Secara umum, ada 2 persyaratan yang harus dipenuhi jika seseorang ingin mendirikan tempat karaoke yaitu syarat materiil dan formil. Syarat materiil terdiri dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), izin gangguan (HO), Surat Keterangan Tempat Usaha (SKTU) serta Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan surat rekomendasi dari dinas pariwisata dan olahraga setempat. Sedangkan syarat formil adalah surat pengajuan izin kepatuhan terhadap UU dan norma kehidupan dimasyarakat serta pertimbangan lokasi dan sejenisnya.

Proses permohonan

Untuk alur permohonan izin, pemohon langsung menyerahkan berkas permohonan ke kantor BP2TPM. Setelah itu berkas permohonan diverifikasi untuk mengecek kelengkapannya. Sebelum proses verifikasi pemohon diberi resi tanda terima dari berkas yang diajukan. Sementara izin masih dalam tahap proses, petugas SKPD dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan melakukan pengecekan ke lapangan. Setelah proses pengecekan selesai, SKPD akan merekomdasikan ke BP2TPM untuk segera menerbitkan izin usaha.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang mengatur perizinan usaha karaoke menjadi 2 kategori yaitu karaoke untuk dewasa dan karaoke untuk keluarga. Perbedaannya sudah pasti, karaoke dewasa untuk usia 17+ sedangkan karaoke keluarga untuk segala umur. Tak hanya pertimbangan usia, biasanya karaoke untuk dewasa menjadi satu lokasi dengan diskotik dan harus berjarak minimal 150 meter dari rumah ibadah dan sarana pendidikan. Berbeda dengan karaoke keluarga, jarak berapapun bisa ditoleransi namun harus tetap memprioritaskan kesopanan dan kondisi lingkungan.

Selain harus menjamin keselamatan pengunjung dan semua karyawan, pemilik karaoke wajib member laporan secara berkala pada instansi terkait dalam hal ini BP2TPM. Jika ingin menarik minat pengunjung dengan menggabungkan tempat karaoke dengan tempat hiburan lainnya seperti sport center, salon, atau tempat fitness, maka kedua jenis hiburan tersebut harus memiliki izin usaha yang berbeda. Jadi, meskipun menjadi satu lokasi, tetap harus memiliki izin usaha sendiri-sendiri.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Langkah-langkah Mendirikan Tempat Karaoke"

Jalan-jalan ke Tempat Karaoke di Bandung
Bisnis hiburan karaoke di Bandung sepertinya mendapat
Bedah Tuntas Player Karaoke
Terciptanya player karaoke tentu mendatangkan angin segar
Menciptakan Tempat Karaoke yang Unik
Pengaruh budaya modern diberbagai Negara secara tak
Memilih Lokasi Karaoke Sesuai Target Konsumen
Salah satu kunci sukses sebuah bisnis adalah

Leave a reply "Langkah-langkah Mendirikan Tempat Karaoke"

[+] kaskus emoticons