Membangun Sistem Karaoke Part 2

Karaoke Indonesia Forum

Membangun Sistem Karaoke Part 2

Padahal seharusnya postingan lanjutan ini kemarin di buatnya, abis pulang dari mencari recehan…trus makan sop kaki di jalan biak, mau mampir di harmoni istirahat sambil mau buat artikel lagi…

Eh, ada kabar dari penyedia hosting kalau jangan update blog dulu karena servernya masih dalam tahap upgrade…yaudah akhirnya hari ini baru bisa….sorry deh…. :cd

Kita langsung aja lanjut yang kemarin……

Membangun Sistem Karaoke Part 2

Setelah perangkat karaoke yang kemarin pada artikel Membangun Sistem Karaoke Part 1 dah di beli ada beberapa langkah yang harus kita lakukan yaitu :

Tentukan Tempat Untuk Meletakan Perangkat Karaoke

Tentukan dimana posisi perangkat karaoke ini akan di letakan, ini semua kalau bisa berkoordinasi dengan orang rumah karena menyangkut interior dan posisi uenak…..!?’ di pandang mata.

Di sini kita akan membutuhkan sebuah rak atau meja untuk meletakan sistem karaoke kita. Di usahakan menempatkannya di buat agar memudahkan pengoperasiannya, dan yang perlu di ingat usahakan bagaimana caranya agar perkabelannya berada di belakang rak tersebut dan tidak terlihat berantakan.

Peletakan Komponen – Komponen Karaokenya

Dalam memilih rak yang tadi di atas, di usahakan yang mempunyai unbalance atau ada skatnya atau ada pembatasnya. Hal ini nantinya akan membuat penyusunan komponennya terlihat rapih.

Di usahakan adanya jarak antara tiap komponen dengan komponen yang lain, atau antara komponen dengan dinding raknya. Hal ini sangat di butuhkan untuk sirkulasi udara karena menyangkut dengan masalah pendinginan tiap komponen karaokenya.

Posisikan komponen yang paling berat ( seperti amplifier ) di letakan paling bawah dan yang ringan di letakan di atasnya.

Bila raknya tidak ada unbalance atau pembatasnya di usahakan dalam posisi menumpuk ini tiap komponennya di ganjal lebih tinggi kaki – kakinya untuk melancarkan sirkulasi udaranya. Kalau tidak takutnya akan berakibat fatal pada perangkat kita nantinya.

Kalau untuk peletakan speakernya nanti bisa lihat di artikel saya yang berbau Fengshui dan kalau ada tambahan untuk peletakan speaker subwoofernya bisa di lihat di sini

Instalasi Perkabelannya Antara Komponen – Komponennya

Sebelumnya bisa lihat informasi dari Mulan Jameela tentang dasar perkabelan untuk audio. Metode instalasi perkabelan ini pada dasarnya adalah sama hanya in dan out aja.

  • Player – Power Amplifier – Televisi

Untuk sistem sederhana ini kita cuma perlu 1 set kabel RCA ( merah, putih, kuning ) , untuk warna sebenarnya tidak mendasar dari pabrikan, hanya untuk memudahkan saja intinya di buat 3 warna begitu :

  1. Untuk menghubungkan antara player ke power amplifier di pakai kabel yang berwarna putih dan merah. Di hubungkan dari output RCA player ke input RCA power amplifier.
  2. Untuk menghubungkan antara player dengan Televisi gunakan kabel yang berwarna kuningnya. Di hubungkan dari output video player masuk ke input AV atau Video di Televisi tersebut.

Kecuali anda memiliki software karaoke sebagai playernya, jenis kabel yang di pakai lain lagi yaitu membutuhkan satu set kabel phono to RCA untuk audionya, dan untuk videonya bisa beragam tergantung konektornya memakai jenis apa…..lain kali kita bahas lebih komplit masalah ini….

  • Kabel Microphone

Untuk jenis microphone cable saya sarankan memakai dengan panjang kabelnya maksimal 7 meter…jangan sampai 1 KM ya…. :d

Untuk wireless microphone ngga begitu pusing karena kabelnya pendek, tapi yang perlu di ingat adalah untuk mencolokan microphone bisa di bagian panel belakang atau depan dari amplifier tersebut. Jangan terkecoh dengan posisi colokan mic di amplifier…mau depan atau di belakang sama aja…

  • Kabel Speaker

Di hubungkan dari output speaker yang berada di panel belakang amplifier menuju ke terminal box speakernya. Di usahakan memakai kabel speaker minimum yang berwarna bening seperti merek toyosaki, monster cable, dll dengan ukuran minimum 2 x 80 . Jangan memakai kabel yang sangat kecil karena itu hanya untuk membersihkan telinga….. :d …wew, emang korek kuping…… :ngakak

  • Kabel Listrik

Karena banyaknya perangkat yang kita gunakan sehingga sangat banyak pemakaian untuk colokan listriknya, di usahakan memakai kabel ekstension yang berjumblah banyak colokannya. Kalau bisa jangan memakai colokan listrik yang berbentuk T ( biasanya 1 input jadi 3 sekaligus ) karena sering terjadi konsleting….upss…jangan lupa juga buat arde atau grounding di pakai.

Setelah ini semua sudah terpenuhi barulah kita bisa menggunakan sistem karaoke ini. Apalagi untuk urusan setting audionya, kalau ini kita yang kerjakan sendiri mudah – mudahan kepuasan batin akan karaoke dapat terpenuhi….

Rate this article!
author

Author: 

"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

43 Responses

  1. author

    beukoy2 years ago

    gan, tolong bantuan nya. cara setting dari pc ke dvd player gimana caranya. seperti di tempat karaoke, pilih lagu dari pc, mic nya masuk ke dvd player. kalo ingin seperti itu instalasi nya gimana. thanks before….

Leave a Reply