Digital Karaoke Amplifier VS Mixer Karaoke Amplifier

Karaoke Indonesia Forum

Memilih Stereo Karaoke Amplifier

Digital Karaoke Amplifier VS Mixer Karaoke Amplifier kaya mirip cicak dan buaya pada saat sekarang yg beritanya santer dimana mana… Tapi sorry disini lagi ga mau ngomongin politik, masalah ribut – ribut kemaren…Cicak VS Buaya yang pasti pemenangnya kadal buntung….he…he…he…, pokoknya harapan gw biar semua akur ga terus bikin rumit kaya sekarang.

Cintai-Indonesia-Cintai-Karaoke

Ok…lanjut ke topik utama…..

Sebenernya tadinya saya pengen ngulas tentang rahasia pemilihan karaoke amplifier biar kaga bingung beli di toko – toko offline maupun online tapi ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu sosok sebuah karaoke amplifier….setuju….?

Stereo Karaoke Amplifier adalah jantung dari system karaoke kita dan masih banyak teman – teman yang sudah memiliki ini tapi ngga bisa mempergunakan fungsinya dengan maksimal. Untuk itu saya saranin sering – sering baca setiap artikel disini karena cuma blog karaoke ini yang ngebahas segala permasalahan karaoke ngga banyak teori dan ngga bikin pusing.

Ok…kita langsung aja ngintip karaoke amplifier ini….ssssttttt jangan berisik ntar kabur…..

Karaoke amplifier banyak macamnya, kadang bingung ngeliatnya karena banyak fungsi – fungsi atau pilihan – pilihan yang terdapat pada panel depan dan panel belakang karaoke amplifier tersebut,

Tapi ngga usah dibuat pusing…mau amplifiernya segede kebo, tombol – tombolnya banyak kaya di pesawat terbang, konektor jack yang numpuk kaya orderan audio dan software karaoke dibulan ini…semua pada dasarnya kurang lebih adalah sama.

Secara global karaoke amplifier ini terbagi cuma 2 jenis…ini menurut saya loh…, kalau ada lagi tulis di kotak komentar aja…. :

1. Digital Karaoke Amplifier

Digital Karaoke Amplifier

Karaoke Amplifier ini untuk pengaturan tone controlnya sangat sederhana di dalamnya sehingga memudahkan kita dalam pengoperasiannya apalagi dalam mengadjust tombol – tombol tone controlnya.

Kelebihannya :

  • Untuk mengadjust vocal / mic ( bass, mid, high ) kita cuma hanya fokus di beberapa tombol putar saja untuk mencari karakter tone nya dan kemudian semua karakter microphone semuanya akan mengikutinya.
  • Beberapa mempunyai fasilitas pemilihan jenis effect echo seperti Echo, Reverb dan Mix ( penggabungan echo dan reverb )
  • Ada juga yang disertakan dengan feedback destroyer ( menanggulangi permasalahan feedback dari microphone )
  • Mempunyai selector input automatis ( CD, LD, AUX, dsb ) sehingga ngga usah pencet – pencet kalau kita mempunyai beberapa player pemutar lagu.

Kekurangannya :

  • Harganya rata – rata lebih mahal.
  • Ngga bisa mengadjust tone microphone per masing – masing chanel ( tone control untuk microphone digabung semua ), agak kesulitan kalau kita mempunyai microphone yang berbeda karakternya.
  • Dalam fungsi selector automatisnya ( input musik ), cuma akan menampilkan player yang signalnya besar. Jadi kalau kita memiliki 3 player sebagai input ke amplifier maka hanya salah satu saja yang akan dipilih yaitu yang mempunyai signal audio dan video yang lebih besar dari lainnya

Contoh :

  • Karaoke Amplifier BMB DAX 55 PRO
  • Karaoke Amplifier BMB DAJ 7
  • Karaoke Amplifier BMB DAX 2
  • Karaoke Amplifier BMB DAR 800
  • Karaoke Amplifier BMB DAR 500
  • etc

2. Mixer Karaoke Amplifier

Mixer Karaoke Amplifier

Karaoke Amplifier ini berbentuk mirip seperti mixer live band yang putaran atau tombolnya banyak, tapi untuk mixer karaoke amplifier ini rata – rata hanya beberapa chanel aja yang sering di pakai terutama untuk knop (yang bisa diputar ) microphone dan musiknya aja.

Kelebihannya :

  • Karena mempunyai input channel tone controlnya masing – masing maka sangat memudahkan kita untuk mengadjust microphone yang mempunyai karakter yang berbeda seperti microphone yang berbeda merek atau contohnya lagi yang satu kabel dan yang satunya lagi wireless.
  • Rata – rata mempunyai power keluaran ke speaker ( watt ) yang lebih besar daripada jenis digital karaoke amplifier.
  • Harga lebih murah dari yang digital karaoke amplifier.

Kekurangannya :

  • Fasilitas untuk selektor input musik masih manual, sehingga kalau kita mau pilih input harus pencet – pencet sendiri.
  • Effect echo tidak ada variasi lagi dan sangat terbatas untuk memilih jenis effect.
  • Agak membuat puyeng kalau mau setting audionya, bila kita tidak mempunyai pengetahuan dasar dalam teknik menyeting atau mengadjust karena mempunyai tombol – tombol yang buaanyak…tidak disarankan untuk orang tua berusia lanjut, ibu – ibu dan wanita menyusui…he…he…he…

Contoh :

  • Karaoke Amplifier BMB DA 1600
  • Karaoke Amplifier BMB DA 1800
  • Karaoke Amplifier BMB DA 2000
  • Karaoke Amplifier BMB DA 3600
  • etc

Sampai disini dulu ya posting Digital Karaoke Amplifier VS Mixer Karaoke Amplifier kalau mau liat gambar yang lain tinggal mampir ke Toko Karaoke saya aja…, besok kita lanjut lagi tentang masalah peramplifieran karaoke ini….kalau ada yang mau nambahin tulis di komentar aja ya…..

Top Search Today:

amplifier karaoke, ampli karaoke, amplifier untuk karaoke, bmb dar 800 bekas, petunjuk urutan pemasangan input dari vcd ke amplifier bmb 4 chanel, mixerampli, harga mixer karaoke, Harga Mixer untuk karaoke, mixer dan ampli player, mix merek rhasuae
author

Author: 

"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

28 Responses

  1. author

    abenk3 years ago

    salam kenal kang….
    mau tanya kalau mau di tambah subwofer yg sesuai pake apa yach kang….???

    saya pake BMB CS-450VMKII

    makasih kang…….

  2. author

    leands beat3 years ago

    Mas Dedi Saya pake ampli BMB DA-J7MKII dan mik saya pake sennheiser e845s sepertinya susah sekali yah untuk setiing mik tersebut, sebenarnya cocok tidak yah antar mik dan amplie saya tks

  3. author

    Dhani Aristyawan3 years ago

    Mo numpang tanya nih Kang. kalo BMB DAX 55 Pro Mk II bisa gak dikontrol dari komputer ? kalo bisa pake koneksi apa ya ? Hatur nuhun sebelumnya

  4. author

    Husdi4 years ago

    mas dedi saya lg nyari amplifier buat karaoke yg digital, yang bagus tipe apa tolong rekomendasinya… juga mic yg paling oke punya…. speaker saya pakek JBL. kalo udah make digital amplifier apa masih perlu equalizer mas…? mohon infonya *msh newbie

    Salam, Husdi

  5. author

    surya104 years ago

    Kang, seperti rencana dari awal saya ga akan pake PC tapi laptop (irit listrik+ringkes……maklum pindah-pindah mulu) , trus bisa ga kalo dari laptop selain ke LCD TV juga ke monitor touch screen (padahal di laptopna oge tos aya layar) atuh jadi tiga tampilan. Setau saya sofware hanya suport dual monitor kan, saya jadi ragu-ragu ga jadi beli tuh monitor touch screen, sieun teu kapake. Ato pilih mana ya (kelebihan+kekurangan) kalo pake keyboard+mouse wireless dibanding monitor touch screen ? Mohon pencerahan-nana, maklum gaptek.

    • author
      Author

      Dedi Lesmana4 years ago

      pakai single view kan ada di menu pengaturan kalau mau nyanyi iseng2 aja….:lapar

      lebih enak pakai keyboard sih pak…….:cendol

Leave a Reply