Mendesain Ruang Karaoke Kedap suara

Memiliki ruangan pribadi seperti ruang keluarga dengan fasilitas home theatre atau studio rekaman memang selayaknya dirancang dengan sistem kedap suara. Sama halnya dengan tempat karaoke, meskipun difungsikan sebagai tempat komersil, namun ruang karaoke perlu dibuat kedap suara untuk menjaga privacy setiap pelanggan. Mendesain ruang karaoke supaya kedap suara memang sedikit memerlukan keahlian khusus, tapi bukan tidak mungkin kita mengerjakannya sendiri dengan mengacu dari beberapa sumber termasuk internet.

Mendesain Ruang Karaoke Kedap suara

Desain dan Akustik

Ruang karaoke terutama yang berfungsi untuk umum, memiliki desain yang beragam mulai dari gaya modern, klasik, modern-minimalis hingga klasik-modern. Bagaimanapun desain ruang karaoke bila ingin dibuat menjadi kedap suara, hal yang harus diprioritaskan adalah kenyamanan serta kesesuaian ruangan tersebut terhadap fungsinya. Dan kenyaman suatu ruang kedap suara, juga ditentukan oleh kualitas dari sistem akustiknya. Untuk mendapatkan kualitas suara optimal dari ruangan kedap suara, tentu saja kita harus pintar mengatur material akustik dalam ruangan tersebut.

Sebuah ruangan kedap suara bisa dikatakan optimal jika tidak terjadi kebocoran suara yang terdengar dari luar ruangan. Jadi ketika kita mendesain ruangan menjadi kedap suara, hal yang harus diperhatikan adalah sistem pengaturan setiap elemen ruangan sehingga setiap detail suara dan gambar bisa leluasa kita nikmati.

Sistem akustik bisa berjalan sempurna pada ruang kedap suara apabila terjadi penyerapan sekaligus peredaman suara pada ruangan tersebut. Dalam hal ini, desain serta material akustik pada area sekitar speaker memegang peranan paling penting. Begitu juga dengan desain serta material untuk atap, pintu ataupun lantai ruangan.

Bahan dan Material

Untuk membuat ruangan kedap suara berfungsi dengan optimal, sebaiknya desain ruangan tidak berbentuk persegi. Karena ruangan berbentuk persegi biasanya tidak memiliki kualitas akustik yang bagus. Tapi jika memang terpaksa harus menggunakan ruangan persegi, kita bisa menyiasatinya dengan meletakkan beberapa material dan desain dengan fungsi absorber (penyerap suara), basstrap (peredam suara bass) dan difusser (pemecah suara). Pada umumnya ketiga bahan tersebut baik difusser, absorber maupun basstrap berasal dari material seperti plywood, gypsum, karpet dan parket.

Bahan-bahan itu nantinya berfungsi sebagai pelapis lantai, pintu, dinding dan plafon. Untuk hasil peredaman yang maksimal, kita bisa memasang semacam panel kedap suara yang memiliki space dari dinding. Space tersebut nantinya berfungsi untuk meredam suara.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Mendesain Ruang Karaoke Kedap suara"

Cara Memperbaiki Microphone Kabel
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis
Tips Menyambung Kabel Menggunakan Solder
“Menyambung kabel menggunakan solder”. Kalimat ini sepintas
Cara Memilih Speaker Multimedia
Memilih speaker memang bukan masalah sulit, tapi
Penyebab kerusakan Speaker dan Cara Mengatasinya
Jika kita akrab dengan dunia sound system,
  1. author

    dietain3 years agoReply

    When high concentrations of aroma or intensively taste components

Leave a reply "Mendesain Ruang Karaoke Kedap suara"

[+] kaskus emoticons