Mengenal Komponen-komponen Speaker

Selama ini mungkin kita hanya berperan sebagai “penikmat” dari perangkat sound system yang ada di rumah. Jadi rasanya kurang afdol jika kita tidak mengetahui komponen-komponen dari perangkat sound system atau speaker hingga mampu menciptakan sumber suara. Untuk menambah pengetahuan kita mengenai sound system dan kinerjanya, berikut informasi tentang komponen-komponen speaker :

Mengenal Komponen-komponen Speaker

Magnet

Dalam speaker, magnet berfungsi mengubah sumber arus listrik menjadi suara atau biasanya disebut getaran mekanik. Untuk kinerjanya,hanya speaker coil yang bergerak dan kembali ke posisi semula secara terus menerus, sedangkan posisi magnet sendiri tidak bergerak (statis). Di sebuah bidang magnet pada speaker terdapat electromagnet dan magnet permanen. Keduanya saling berinteraksi satu dengan lainnya. Dalam hal ini kutub positif electromagnet ditarik kutub negatif magnet permanen. Dan sebaliknya, kutub negatif electromagnet ditolak kutub negatif magnet permanen. Sewaktu terjadi pertukaran orientasi dari kutub electromagnet, otomatis terjadi pertukaran gaya tarik menarik.

Dengan metode ini, arus bolak-balik menciptakan dorongan magnet antara magnet permanen dan voice coil secara konstan. Proses ini membuat coil yang bergerak, kembali ke posisi semula dan bergerak lagi secara terus menerus. Ketika terjadi pergerakan, coil akan menarik speaker cone. Hal itu akan membuat getaran udara selanjutnya menciptakan gelombang suara.

Spoel / Voice Coil

Spoel adalah kumparan kawat yang mampu menciptakan medan magnet yang tidak tetap. Sewaktu speaker bekerja, kumparan ini akan bergerak karena terdapat magnet yang berada ditengah spoel / kumparan tadi.

Kertas Konus / Cone

Konus memiliki fungsi meneruskan getaran dari spoel yang dihasilkan oleh magnet, sehingga getaran-getaran tersebut bisa terdengar.

Membran / Spider

Membran memiliki fungsi menjaga konsistensi spoel / kumparan supaya tetap pada posisi di tengah.

Chasis

Chasis atau rangka merupakan dudukan semua komponen speaker termasuk magnet, kertas bicara, spoel dan membran.

Perlu diingat, setiap speaker memiliki ukuran dan spesifikasi berbeda. Misalnya speaker tertera tulisan 8ohm 10Watt, berarti impedansi speaker tersebut adalah 8 Ohm dan disipasinya 10 Watt. Setiap impedansi, diukur dengan perbandingan frekwensi 1Khz. Artinya, spoel memiliki nilai tahanan 8 Ohm pada frekwensi 1Khz.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Mengenal Komponen-komponen Speaker"

Mengusir Stres dengan Berkaraoke
Siapapun kita, tidak menutup kemungkinan terkena wabah
Memilih Amplifier yang Tepat dan Berkualitas
Banyak jenis Amplifier yang beredar dipasaran, tentunya
Amplifier DX-288 G3, Pilihan Bijak untuk Koneksi Internet
Better Music Builder semakin memantapkan posisinya sebagai
Inovasi Baru Browsing Internet dengan VOD-600 Hard Disk Drive Video Player
Kemajuan teknologi membuat kita semakin pintar memanfaatkan

Leave a reply "Mengenal Komponen-komponen Speaker"

[+] kaskus emoticons