Mengenali Jenis-jenis Mikrofon

Mengenali Jenis-jenis Mikrofon – Jika kita memiliki aktivitas yang berkaitan dengan musik atau rekaman, tentu kita tak bisa jauh dari mikrofon. Tapi mungkin ada sebagian dari kita yang belum tahu jenis-jenis mikrofon meski setiap saat kita mempergunakannya. Untuk itu, ada baiknya kita mencoba mengupas satu persatu jenis mikrofon serta komponen-komponen didalamnya.

Mengenali-Jenis-jenis-Mikrofon

Mikrofon kapasitor

Mikrofon Kapasitor terbuat dari diafragma dengan bahan logam yang digantungkan pada pelat statis sehingga keduanya membentuk kapasitor. Diafragma akan terus bergerak akibat adanya getaran suara. Gerakan diafragma ini mengakibatkan perubahan jarak diafragma dan pelat statis sehingga nilai kapasitansi juga berubah. Tegangan mikrofon kapasitor dapat berubah bersamaan dengan berubahnya tekanan udara akibat getaran udara.

Mikrofon Reluktansi Variabel

Mikrofon Reluktansi Variabel terbuat dari diafragma berbahan magnetic yang bekerja menurut gerakan diafragma magnetic tersebut. Bila tekanan udara meningkat, maka celah udara dalam magnetic akan berkurang sehingga mengakibatkan reluktansi juga berkurang. Akibatnya magnetic yang berpusat pada struktur magnetic secara otomatis mengalami perubahan. Hal ini yang kemudian membuat perubahan sinyal yang keluar melalui mikrofon.

Mikrofon karbon

Mikrofon Karbon terbuat dari diafragma logam yang terdapat pada ujung kotak logam berbentuk silinder. Mikrofon Karbon bekerja melalui resistansi variabel yang menghubungkan diafragma dengan butiran karbon yang terdapat dalam mikrofon. Perubahan nilai resistansi karena getaran suara menyebabkan perubahan sinyal pada mikrofon.

Mikrofon piezoelektris

Mikrofon Piezoelektris terbuat dari bahan Kristal, mikrofon ini memiliki cara kerja memotong Kristal lalu membentuk irisan pada bidang khusus yang dihubungkan dengan electrode yang menghasilkan sifat piezoelektris. Jika terjadi tekanan, Kristal akan mengalami perpindahan sehingga diantara pelat lempengan terjadi perbedaan potensial. Kristal tersebut mampu menerima getaran suara tanpa dibentuk menjadi diafragma yang membuat respon frekuensi lebih maksimal.

Mikrofon kumparan Bergarak

Mikrofon Kumparan Bergerak terbuat dari bahan berupa kumparan induksi yang dilekatkan pada diafragma lalu dipasang pada suatu magnet permanen. Gelombang suara menyebabkan diafragma bergerak yang mengakibatkan kumparan bergerak maju mundur pada medan magnet. Pergerakan kumparan tersebut menimbulkan perubahan magnetic yang menghasilkan sinyal listrik.

author
"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

Related Post "Mengenali Jenis-jenis Mikrofon"

Cara Memperbaiki Microphone Kabel
Seperti yang kita tahu, ada 2 jenis
Tips Menyambung Kabel Menggunakan Solder
“Menyambung kabel menggunakan solder”. Kalimat ini sepintas
Cara Memilih Speaker Multimedia
Memilih speaker memang bukan masalah sulit, tapi
Penyebab kerusakan Speaker dan Cara Mengatasinya
Jika kita akrab dengan dunia sound system,

Leave a reply "Mengenali Jenis-jenis Mikrofon"

[+] kaskus emoticons