Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB

Karaoke Indonesia Forum

Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB

Pernah liat Ponari si bocah sakti dari Jombang yang laris manis karena batu petirnya bisa nyembuhin penyakit orang – orang…?. Kemarin saya liat di sebuah stasiun TV dia sedang asik main laptopnya sambil ngobatin pasiennya.

 

Nah…dia itu lagi chatingan sama saya…he…he…he… :D katanya seneng ngunjungin blog ini bisa belajar karaokean karena cita – cita mau ngikut Idola Cilik….wkakakaka ……jangan di baca serius, cuma becanda koq :ngakak

Ponari punya batu petir yang ajaib, saya juga punya komponen elektronik yang sakti juga. Kesaktian dari komponen ini kelasnya tingkat tinggi yang tadinya cuma saya kasih tau sama temen – temen di YM yang suka tanya – tanya, tapi sekarang ingin saya bagikan ilmu ini buat orang – orang yang membutuhkan…..wew…

Sssstttt….!!!…..Jangankan di internet yang jarang nemu artikel kaya ini, orang audio aja di luar belum tentu tau modifikasi ini…he…he…he…

Mau tau komponen yang sakti ini buat karaokean biar murah….?

Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB

 

Komponen Ajaib Ini Bisa Merubah Karakter Audio Yang Terdapat Pada Speaker Karaoke BMB Tanpa Memakai Equalizer

Buat apa beli equalizer yang harganya sampai jutaan rupiah kalau kita tau cara modifikasi loudspeaker. Kali ini loudspeaker BMB inilah mau saya bahas dan ingin dimodifikasi dengan komponen ajaib.

Sudah taukah speaker tweater yang ada di box speaker BMB ?

itu loh speaker yang paling kecil dan biasanya berjumlah 2 pcs dengan berukuran 2.5″ di kotak speaker BMB.

Speaker inilah banyak bermain di high frequensi sekitar 2 khz – 8 khz dan yang mau kita modifikasi. Selera orang kan beda – beda, ada yang mau treablenya didenger halus dan ada juga yang pengen didengernya agak kasaran.

Nah, modifikasi ini yang bisa merubah semua karakter audionya BMB tanpa menggunakan perangkat equalizer atau alat filter audio lainnya.

Cuma 5000 Perak Komponen Ini Bisa Membuat Speaker karaoke BMB Bersiul Sesukanya Hatinya Tanpa Menggunakan Equalizer

Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB

Komponen yang ingin di modifikasi yaitu terdapat di crossover pasif ( 2 way ) terdapat dalam box speaker BMB. Crossover pasif 2 way bertugas mengatur pembagian frequensi ke tiap speakernya, ada low frequensi dan high frequensi. Nah…celah inilah yang bisa kita menfaatkan untuk memodifikasi high frequensinya. ( lihat gambar 1 ) Ngga usah banyak teori…langsung aja ya…?

Yang mau kita modifikasi yaitu sebuah capasitor bi-polar yang terdapat di crossover BMB ( lihat gambar 2 ), nilai standardnya di tiap speaker BMB biasanya mempunyai nilai capasitor sebesar 3.3 uF ( micro farad ) / 100 V. Untuk itu saya kasih rincian buat penggantinya :

  • 2.2 uF ( micro farad ) / 100 V ==> akan terasa speaker tweaternya jauh lebih terdengar halus dari aslinya.
  • 3.3 uF ( micro farad ) / 100 V ==> ini standar pabrikan BMB
  • 4.7 uF ( micro farad ) / 100 V ==> akan terasa speaker tweaternya jauh lebih terdengar kasar dari aslinya.

Nilai dari capasitor bi-polar yang saya berikan tidak mengikat karena bisa di rubah sesuai selera.

Pembelian komponen ini cukup di beli yang kisaran Rp.5000 – Rp. 25.000, jangan dibeli kalau harganya lebih mahal karena engga ada bedanya koq…sami mawon.
Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB

Ingat…!!! modifikasi ini hanya untuk orang yang suka “ngoprek”, buat yang sayang barang disarankan jangan meniru adegan ini, apalagi wanita hamil dan menyusui…he…he…he…

Saya akan kasih tau cara pemasangannya ( lihat gambar 1 ) :

  1. Keluarkan speaker yang besar untuk melihat crossofernya dengan membuka 4 baut dispeakernya tapi sebelumnya buka covernya dulu.
  2. Kalau mau lebih cepet bisa langsung buka tutup konektor speaker yang terdapat di belakangnya dan di sana langsung terdapat crossovernya ( lihat gambar 3 ) .
  3. Cabut komponen capasitor yang terdapat di sana ( lihat gambar 1 ) dengan memakai solder listrik atau alat bantu seperti sedotan timah.
  4. Ganti dengan capasitor pengganti yang tadi saya perincikan diatas.
  5. Pasang bolak balik kaki komponennya ngga masalah karena ini capasitor non polar alias tanpa polarity (- ) atau ( + ).
  6. Setelah di pasang komponen penggantinya, rapihkan kembali speakernya dan dengarkan kualitas suaranya.
  7. Bila masih kurang cocok bisa ulangi lagi dari atas dan sesuaikan dengan pilihan capasitornya sendiri sesuai selera.

Semoga tulisan Ngoprek Crossover Pasif Punya Speaker BMB bermanfaat…… Jangan lupa kasih komentarnya kalau mau tanya, apalagi kalau udah berhasil…… :cendol

Top Search Today:

rangkaian crossover pasif, cara pasang crossover pasif, skema crossover pasif, membuat crossover pasif sendiri, harga crossover speaker, cara membuat crossover pasif, harga crossover pasif, crossover pasif, rangkaian crossover pasif 2 way, cara membuat crossover
author

Author: 

"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

71 Responses

  1. author

    dandhi9 months ago

    Artikel yang bagus dan bermanfaat, semoga ke depannya kita bisa menjalin kerjasama dengan TOA. terima kasih

  2. author

    hamka1 year ago

    kalo merepair woofer yg jebol gmn kang…???
    mohon infonya kang…

  3. author

    Prastiyo3 years ago

    Kang, kalo mengakali crossover JBL RMAII gimana biar ga gampang tewas tweeternya. soalnya fuse pengaman tweeter dah putus dan diganti R. eh malah tweeternya yg pada tewas… Thx ya kang

  4. author

    arie5 years ago

    trims bgt kang, kalo tweeter gw(klipsch forte II) masih bica dibenerin, tinggal cari waktu aja buat ke bengkelnya kang Dedi

  5. author

    arie5 years ago

    kalo kenerin tweeter bisa juga kang? klipsch forte II.

Leave a Reply