Peletakan Speaker Subwoofer Berdasarkan Teknik Saya Sendiri

Karaoke Indonesia Forum

Peletakan Speaker Subwoofer Berdasarkan Teknik Saya Sendiri

Peletakan Speaker Subwoofer

Awal tahun ini saya mau kasih spesial tips tentang peletakan speaker subwoofer yang baik dan berdasarkan pengalaman saya sendiri, masalah ini sering menjadi kontroversi bagi kalangan orang audio dan menjadi kebingungan kita – kita yang awam dengan masalah ini. Untuk itu saya ingin berbagi berdasarkan pengalaman saya dan mudah – mudahan dapat dipakai untuk anda di mana saja berada.

Subwoofer terbagi dari beberapa jenis dan kali ini yang saya contohkan yaitu speaker subwoofer direct yaitu speaker yang dapat kita lihat langsung dari box speaker batang hidung speaker itu sendiri mengarah langsung kedepan, mau subwoofer pasif ataupun subwoofer aktif.

Penempatan subwoofer itu sebenernya banyak yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal salah satunya dengan cara menempatkan posisinya dititik terbaik suatu ruangannya dengan cara ( jangan lupa sambil liat gambarnya, di klik kanan open link in new tab ):

  1. Ukur lebar ruangan terus di bagi 4 bagian
  2. Ukur panjang ruangan terus di bagi 4 bagian juga
  3. Ukur lebar simetris box speaker terus di bagi dua ( jangan di gergaji, di tandain doang…he…he.he…)
  4. Letakan speaker di depan, terserah kalau punya subwoofernya 1 buah taruh dikanan atau dikiri dan kalau subwoofernya punya dua di taruh dikanan dan dikiri ( lihat gambar ).
  5. Karena lebar ruangan sudah di bagi 4 letakan subwoofernya didepan rak audio atau rak TV dikolom- kolom yang sudah kita bagi dan tandai khususnya didepan, kalau mau ditaruh dikiri berarti diletakan diantara kolom 1 dan kolom 2, dan kalau mau di taruh di sebelah kanan berarti diantara kolom 3 dan kolom 4 ( jangan lupa liat gambarnya ).
  6. Penting !!! jangan liat cewe tapi liat gambarnya ya (…walaupun jelek asal bisa dimengerti )

Pasti dengan melakukan cara diatas anda bertanya – tanya …

Kang Dedi, jadi makan tempat atuh….speakernya jadi didepan banget dan tidak rapih…..?

Yah, ntu subwoofernya mau bekerja berdasarkan fungsinya atau estetikanya mas…..terserahlah speaker – speaker sampeyan….he…he…he…

Kenapa saya bagi 4 bagian dari panjang dan lebar ruangan sehingga peletakannya jadi kedepan dan makan tempat, karena subwoofer akan bekerja berinteraksi dengan ruangan dengan cara minimum ketika kita mendengarkannya.

Dan pastinya untuk menghilangkan suara yang bummy seperti kita taruh di pojokan ruangan yaitu suara nada rendah yang bergulung – gulung tak tentu arah frequensinya.

Mau pilih estetikanya agar ruangan bisa rapih, atau mau pilih peletakan subwoofer berdasarkan fungsi dan tekniknya…?.

Sekali lagi, semua terserah ditangan anda dan juga tidak ada salahnya dicoba…mudah2an posting Peletakan Speaker Subwoofer ini bermanfaat buat pengunjung Karaoke Blog

Selamat mengoprek ………

Top Search Today:

cara memasang dan meletakan speaker subwoofer, cara membuat box subwoofer lapangan, mini home teather murah, cara buat speaker bazooka lengkap, harga subwoofer bazooka, Foto subwoffer terbaik untuk lapangan, Gambar speaker subwoffer lapangan terbaik, cara membuat salon basoka, Cara rakit karaoke audio rumahan, speaker aktif lapangan
author

Author: 

"Berilah seseorang ikan, kau akan memberinya makan sehari. dan Ajarilah ia memancing, kau akan memberinya makan selamanya."

39 Responses

  1. author

    subwoofer mobil1 year ago

    makasih kak… infonya… saya juga lagi belajar bikin subwoofer nih

  2. author

    Hendra5 years ago

    mas mau minta saran…gua punya ruangan 2,75 x 2,5,sy rencana mau buat ruangan karaoke,dgn kualiats yg bagus/lumayan.bs bantuan rincian biayanya dan soundnya merek apa? thanks ya

Leave a Reply